Marketshare Google di China Semakin Merosot

Share

BEIJING ?€“ Saham Google di pasar mesin pencarian internet di China merosot cukup jauh pada kuartal kedua tahun ini, seiring dengan semakin panasnya perseteruan antara Google dengan pemerintah China terkait sensor internet.

Perusahaan mesin pencari terbesar di dunia ini memang telah mendapatkan persetujuan untuk memperpanjang waktu operasi mereka di negara tersebut. Sayangnya, aturan sensor ketat di China membuat Google harus vakum selama beberapa bulan lamanya, dan sempat mengalihkan pencarian dari Google.cn ke Google.com.hk.

Tidak heran jika kemudian Google harus mengalami kemerosotan tajam di pasar pencarian di negara tersebut. Menurut perusahaan analis Analysys International, pangsa pasar Google di China kini hanya sebesar 24,2 persen. Padahal tiga bulan sebelumnya, pangsa Google sempat mencapai 30,9 persen,

Dalam waktu yang sama, mesin pencarian lokal China, Baidu mendapatkan peningkatan pangsa pasar hingga 70 persen. Sebelumnya, Baidu yang memang memimpin pasar mesin pencarian di China memiliki marketshare sebesar 64 persen.

Selain itu, ditemukan oleh Analysys International, pasar mesin pencarian di China bernilai sekira USD394 juta atau naik sekira 48 persen year on year.

?€?Ketidakjelasan posisi Google di mata pemerintah China memiliki kontribusi yang besar dalam peningkatan pangsa pasar Baidu,?€? ujar pihak Analysys seperti dikutip melalui Yahoo News, Kamis (22/7/2010).

China saat ini memiliki jumlah pengguna internet sekira 420 juta atau sama dengan penetrasi sepertiga populasi China. Angka ini meningkat 36 juta sejak akhir tahun 2009. (srn)


Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

Read more from the original source: Marketshare Google di China Semakin Merosot

Rif'an Muazin

Rif'an Muazin adalah Seorang Lelaki, Suami dan Ayah 3 Putra, Lelaki Kelahiran Pati, Tinggal di Bantul Yogyakarta.
Hobi membuat Group FB, Channel dan Group Telegram.
Coder / Programmer PHP Creator AliSuite, ShopeeSuite, BookSuite, WallSpot, WallSpot Plus, TubeSpot.
Seorang Muslim, Madhab Syafi'i bermanhaj Salafy.