Alcatel-Lucent & Indosat Selesaikan Ujicoba Jaringan

JAKARTA – Alcatel-Lucent Indonesia dan Indosat telah berhasil menyelesaikan uji coba jaringan transport backhaul end to end konverjen untuk jaringan mobile.

Uji coba dilakukan dengan mengintegrasikan jaringan Metro Ethernet terkini Alcatel-Lucent di Indosat dengan teknologi transport konverjen Alcatel-Lucent berdasarkan solusi Metro Ethernet, Gigabit Passive Optical Network (GPON), dan Microwave Packet Radio (MPR). Uji coba ini berhasil membuktikan bahwa solusi transport IP end to end konverjen memungkinkan bagi Indosat untuk memanfaatkan sepenuhnya skalabilitas jaringan mobile backhaul, mulai dari jaringan backbone hingga ke last mile.

Indosat adalah operator selular terbesar kedua di Indonesia dengan total 39,1 juta pelanggan pada Q1 2010. Sebagai penyedia layanan, Indosat memerlukan pemeliharaan jaringan berbeda, seperti jaringan tetap dan mobile. Kondisi inilah yang cenderung dapat meningkatkan biaya OPEX (Operating Expense).
Dalam hal ini, salah satu tantangan terbesar operator adalah menggelar jaringan transport end to end berbasis IP yang mampu mengakomodasi proses transformasi menuju jaringan all-IP. Untuk mengaktifkan ini, Indosat kini fokus pada perubahan transport mereka ke jaringan transport IP end to end yang konverjens.

Saat ini misi Indosat adalah menyebarkan dan memperluas jaringan ke IP (3G, HSxPA, dan LTE), sementara dalam waktu yang sama tetap mempertahankan layanan jaringan 2G. Sebagian besar penyebaran 3G Node-B yang baru akan berlokasi sama dengan  base station 2G.

Lokasi bersama antara BTS 2G, 3G Node-B, LTE, dan Wimax RAN di masa  mendatang telah menciptakan persyaratan yang lebih tinggi untuk jaringan transport end to end seperti akses backhaul data dan transportasi agregasi yang baru harus menyediakan bandwidth lebih banyak untuk cell site (BTS) dan kesiapan untuk backhaul lalu lintas suara di 2G/3G, serta lalu lintas data, HSxPA, WiMax, dan LTE di masa mendatang.

Selain itu, akses backhaul dan transportasi agregasi harus menyediakan beberapa  interface untuk memenuhi semua kebutuhan akses radio. Serta eksistensi bersama beberapa teknologi transportasi backhaul dan interface dari TDM, ATM, Ethernet, dan MPLS.

Alcatel-Lucent Indonesia adalah vendor pertama di Indonesia yang berhasil menguji integrasi kompleks solusi end to end konverjen jaringan transportasi yang meliputi Metro Ethernet, GPON, dan teknologi MPR dengan lingkungan terkini Node-B/RNC multi-vendor Indosat.

“Uji coba ini bertujuan untuk menilai evolusi transportasi menuju jaringan transportasi end to end yang konverjens. Dan, memastikan bahwa jaringan transportasi mampu mendukung kebutuhan saat ini untuk backhaul base station 2G dan evolusi lebih lanjut untuk semua IP. Alcatel-Lucent Indonesia telah sukses melakukan uji coba interoperabilitas dari GPON dan teknologi MPR dengan jaringan IP Indosat yang ada menggunakan Service Router 7750, Ethernet Service Switch 7450, dan Service Aggregation Router 7705 (SAR) milik Alcatel-Lucent. Untuk memastikan kualitas dan kinerja pelayanan mobile, dilakukan pula test drive pada uji coba ini dengan hasil yang baik – tidak ditemukan penurunan kinerja dari layanan mobile,” ujar pihak Alcatel Lucent Indonesia dalam keterangan resminya, Jumat (23/7/2010).

Sinkronisasi jaringan mobile dan penanganan lalu lintas suara (TDM) dan data (paket) yang berbeda juga dilaksanakan dalam uji coba  ini. Alcatel-Lucent telah membuktikan bahwa jaringan transport end to end konverjens dengan fiture QoS (Quality of Service) lanjutan milik Indosat mampu mencapai sinkronisasi TDM dan IP-Network yang dapat diandalkan, serta jaminan koneksi transportasi jaringan BTS/Node-B ke BSC/RNC multi-vendor yang baik.

Portofolio Alcatel-Lucent di bidang IP/MPLS, MPR, dan produk-produk GPON memberikan fondasi yang kuat untuk penyampaian solusi paket di jaringan mobile. Dukungan solusi yang handal, terukur, hemat biaya, dan pengelolaan sepenuhnya memungkinkan operator selular memiliki kontrol penuh atas jaringan mereka. Sehingga operator dapat segera mengirimkan layanan-layanan baru yang canggih dan pada akhirnya dapat menghasilkan pendapatan baru. Jaringan transportasi end to end konverjens Alcatel-Lucent memungkinkan Indosat untuk melayani backhaul mobile (2G/3G dan LTE Wimax masa depan), pelanggan jaringan tetap (Corporate dan Residential) dan pelanggan retail.

Keberhasilan ini telah memperkuat kembali jejak langkah Alcatel-Lucent dalam transformasi jaringan transport Indosat ke IP. Hal ini juga membuktikan bahwa solusi Alcatel-Lucent mampu untuk saling bekerja/bahu membahu di lingkungan multi-vendor. (srn)


Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

The rest is here: Alcatel-Lucent & Indosat Selesaikan Ujicoba Jaringan

RSS Submitter

Bisnis Pulsa Keuntungan Ganda

Mau Usaha Modal Kecil? Yuks Jualan Pulsa bersama BOSSPULSA.COM, Modal Rp.100.000 bisa isi Pulsa semua Operator,PLN dan Games. Deposit minimal Rp.1 juta dapat Bonus langsung 0,25% dari Deposit.

Rif'an Muazin
BBM: 7E743098
WA:0856.93.92.9222
SMS ke 0856.43.434.43.82